Syamsul Amar B

Syamsul Amar B

Prof. Dr. Syamsul Amar B, MS

Dekan Fakultas Ekonomi Pertama

Prof. Dr. H. Syamsul Amar, M.S., lahir di Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 21 Oktober 1957. Usai menamatkan SMEA Negeri Bukittinggi tahun 1976, meneruskan kuliahnya hingga meraih gelar sarjana S1 di Universitas Negeri Padang (dulunya IKIP) pada tahun 1984 dan pada tahun 1985/1986 mengikuti program Affiliasi pada FE Unand selama satu tahun. Beliau langsung mengabdi di IKIP Padang semenjak saat itu. Pada tahun 1987 mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan  studi pada Program Magister Kajian Pembangunan Wilayah dan Pedesaan di IPB Bogor, dan diselesaikan pada tahun 1990.

Sekembalinya dari studi beliau melanjutkan pengabdiannya di IKIP Padang, selanjutnya pada tahun 1994 kembali mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang doktoral. Beliau berhasil merampungkan studi S3 Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya tahun 1999. Sekembalinya dari Surabaya beliau langsung memberikan karya nyata dengan menjadi salah satu pendiri Program Magister Manajemen Universitas Negeri Padang tahun 2000, dan sekaligus menjabat Direktur Eksekutif pada program tersebut sampai sekarang.

Selain berkarya di lingkungan almamaternya beliau juga aktif diluar. Saat ini beliau tercatat sebagai visiting lecture di University Utara Malaysia. Selain itu juga aktif sebagai salah satu anggota dan peminat ilmu-ilmu pengembangan wilayah di Sumatera Barat dan anggota ISEI Cabang Padang. Dekan FE UNP ini telah menghasilkan 24 judul penelitian, 4 buah buku dan 16 artikel enam diantaranya pada jurnal terakreditasi. Disamping itu juga aktif dalam berbagai kegiatan seminar ilmiah baik dalam maupun luar negeri.

CV

Contact information

 

Dosen Fakultas Ekonomi

Bidang Ilmu "Ilmu Ekonomi"

Recent publications

  • Pembangunan Berkelanjutan dalam perspektif kelembagaan : Historis Pembangunan Ekonomi Indonesia (Jurnal Economac, Vol.12. Nomor 1, Oktober 2012)
  • Qou Vadis Sitem Perekonomian Indonesia (Jurnal Economac, Vol.11. Nomor 2, Oktober 2011)
  • The Effect of Oil Price Increase on The Indonesian Economy (Jurnal Economac, Vol. 10. Nomor 2, Oktober 2010)
  • Privatisasi Badan Usaha Milik Negara dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia (Jurnal Ekonomi Kiat, Vol. V No. 12, April 2003)
  • Analisis Kinerja Keuangan Daerah Propinsi Sumatera Barat (Jurnal Sosial Ekonomi, Vol. II, April 2003)
  • Profil Kemiskinan Rumah Tangga di Pedesaan Sumatera Barat (Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 7 No. 2 Tahun 2002)
  • Kajian Entrepreneurship Sektor Informal Perkotaan Sumatera Barat (Tamboo, Vol. 1 No. 2, Desember 2002)
  • Distribusi Pendapatan dan Faktor Produksi Rumah Tangga di Pedesaan Sumatera Barat (Jurnal Ilmiah Ekonomi, Tahun V, Juni 2002)
  • Analisis Kajian Ekonomi Sektor Informal di Perkotaan Sumatera Barat (Tingkap, Vol. 15 No. 1, April 2001)
  • Analisis Ekonomi tentang Kemiskinan di Pedesaan Sumatera Barat (Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Universitas Syiah Kuala, No. 40, Januari 2001)
  • Dampak Orientasi Nilai Budaya terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Pedesaan Sumatera Barat (Humanus, Vol. III No. 1, tahun 2000)
  • Profil Ekonomi Masyarakat di Pedesaan Sumatera Barat (Suatu Tinjauan Empirik) (Saintek, Vol. 2 No. 2 , Maret 2000)
  • Analisis Fungsi Produksi Coob-Douglas pada Kegiatan Industri Kecil di Sumatera Barat (Forum Pendidikan, No. 04 Tahun XXII, 1997)
  • Pertumbuhan Ekonomi dan Penerimaan Pendapatan Suatu Tinjauan Empirik (Forum Pendidikan, No. 01 Tahun XXII, 1997)