Pesan Dekan

Selamat Datang di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) adalah salah satu fakultas di UNP yang mempunyai bidang tugas untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang kependidikan yaitu Pendidikan Ekonomi dan bidang ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Sesuai dengan wider mandate yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Nasional RI kepada UNP, FE UNP tetap fokus dalam menyelenggarakan program kependidikan yaitu menghasilkan tenaga kependidikan (guru) bidang ekonomi dan bisnis, di samping berupaya mengembangkan program pendidikan bidang ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, sebagaimana yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi pada umumnya. Inilah beda FE UNP dengan Fakultas Ekonomi lainnya.

Oleh karena itu, FE UNP memiliki beberapa program studi bidang kependidikan dan non kependidikan, baik program akademik maupun program vokasional dengan berbagai jenjang program sebagai berikut :

1. Bidang Kependidikan dengan program studi program akademik :

1.1.      Pendidikan Ekonomi  S-1 dengan tujuan menghasilkan sarjana pendidikan bidang ekonomi dan bisnis dengan gelar akademik lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd).

1.2.      Pendidikan Ekonomi S-2 dengan menghasilkan Magister Pendidikan bidang ekonomi dan bisnis dengan gelar akademik Magister Pendidikan (M.Pd.E)

2. Bidang Non Kependidikan dengan program studi program akademik :

2.1.      Manajemen S-1 dengan tujuan menghasilkan sarjana bidang manajemen dengan gelar akademik Sarjana Ekonomi (S.E). Program studi ini juga mempunyai program Dual Degree kerjasama antara FE UNP dengan College of Business Universiti Utara Malaysia dengan gelar akademik Sarjana Ekonomi dan Bachelor of Business Administration (S.E., B.B.A Hons).

2.2.      Akuntansi S-1 dengan tujuan menghasilkan Sarjana bidang Akuntansi dengan gelar akademik Sarjana Ekonomi (S.E).

2.3.      Ekonomi Pembangunan S-1 dengan tujuan menghasilkan Sarjana Ekonomi dengan gelar akademik Sarjana Ekonomi (S.E).

2.4.      Magister Manajemen (S-2) dengan tujuan menghasilkan Magister Manajemen dengan gelar akademik adalah Magister Manajemen (M.M).

2.5.      Magister Ilmu Ekonomi (S-2) dengan tujuan menghasilkan Magister Ilmu Ekonomi dengan gelar akademik Magister Ekonomi (M.E).

3. Bidang Non Kependidikan dengan program studi program vokasional :

3.1.      Akuntansi D3 dengan tujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya terampil dalam bidang Akuntansi dengan gelar akademik Ahli Madya (A.Md).

3.2.      Manajemen Perdagangan D3 dengan tujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya terampil dalam bidang Manajemen Perdagangan dengan gelar akademik Ahli Madya (A.Md).

3.3.      Manajemen Pajak D3 dengan tujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya terampil dalam bidang Manajemen Pajak dengan gelar Ahli Madya (A.Md)

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, FE UNP juga berupaya untuk menghasilkan para lulusan yang mempunyai daya saing tinggi dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan cara melakukan link and match kurikulum FE UNP berbasis kompetensi orientasi KKNI dengan kebutuhan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Untuk itu, unsur pimpinan dan dosen telah melakukan kunjungan industri ke berbagai perusahaan multi nasional dan nasional untuk melihat secara langsung kebutuhan dunia industri terhadap para lulusan FE UNP di era MEA.

Selain itu, FE UNP juga memberi kesempatan kepada dosen untuk studi lanjut S-3 dengan perioritas pada universitas luar negeri. Saat ini, ada beberapa dosen FE UNP yang sedang melaksanakan studi lanjut di Inggeris, Australia, dan Malaysia, di samping perguruan tinggi ternama di Indonesia, seperti di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajahmada (UGM). Baru-baru ini, ada 3 orang dosen FE UNP yang menyelesaikan pendidikan doctoral di Deakin University, Macquarie University Australia dan Universitas Gajahmada (UGM).

FE UNP juga berupaya melaksanakan Quality Assurance melalui pengendalian mutu internal di tingkat program studi dan fakultas serta pengakuan pihak eksternal dari BAN PT dan ISO 9001:2008 untuk pelayanan akademik dan administrasi akademik kepada stakeholders FE UNP. Saat ini, dua Prodi sudah mendapatkan terakreditasi A versi BAN PT, yaitu Prodi Manajemen S-1 dan Prodi Pendidikan Ekonomi S-1. Sedangkan seluruh program studi lainnya terakreditasi B versi BAN PT. Di samping itu Fakultas Ekonomi juga telah melakukan recertification tahap kedua untuk ISO 9001:2008.

FE UNP setiap tahunnya juga rutin melaksanakan seminar ilmiah, yaitu International Conference on Economics, Business, and Accounting (ICEBA) di tingkat internasional dan Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) di tingkat nasional.

FE UNP juga aktif melakukan kerjasama baik dengan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri, lembaga pemerintah maupun dunia usaha dalam rangka mendukung program pendidikan program studi FE UNP.

FE UNP juga aktif memberdayakan mahasiswa untuk kewirausahaan baik secara teori maupun praktik. Hal ini ditandai dengan adanya kegiatan kewirausahaan dan Expo Kewirausahaan setiap tahun yang diselenggarakan oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing mata kuliah Kewirausahaan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WD3) FE UNP. Dimasa yang akan datang, FE UNP ingin menjadi the leading institution di bidang kewirausahaan di Sumatera, semoga.

 

Wassalam,

Dekan,

 

Dr. Idris, M.Si.