.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Dosen Pendidikan Ekonomi FE UNP Tingkatkan Kemampuan Pedagogi Guru Akuntansi

Persoalan kompetensi guru di Indonesia merupakan salah satu isu yang sensitif di tengah masyarakat, diantaranya adalah di propinsi Sumatera Barat. Berkaca dari dari hasil UKG tahun 2015 diketahui bahwa nilai pedagogik guru-guru di Sumatera Barat cukup mengecewakan. Padahal kemampuan pedagogik adalah salah satu kunci keberhasilan mendidik, yang harus terus menerus ditingkatkan sesuai prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan. Hasil kemampuan pedagogik guru yang masih relatif rendah menunjukkan bahwa masih perlu usaha-usaha keras semua kalangan, termasuk lembaga perguruan tinggi untuk mengatasi persoalan ini. Inilah yang telah dilakukan oleh dosen-dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi FE dan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan, workshop dan pendampingan bagi guru-guru akuntansi SMKN 2 Pariaman dengan tema “PKM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Abad 21 Melalui Desain Pembelajaran & Soal Berbasis HOTS Pada Pembelajaran Akuntansi SMKN 2 Pariaman”.

Ketua pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dessi Susanti, S. Pd, M. Pd menyampaikan: kegiatan ini merupakan program tahunan yang didanai oleh Universitas Negeri Padang melalui seleksi proposal yang ketat, dan alhamdulillah proposal PKM yang kami usulkan lolos seleksi dan didanai. Kegiatan ini sebagai follow up dalam bentuk respon positif perguruan tinggi atas kebutuhan mendesak guru-guru di Kota Pariaman sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas guru yang merupakan salah satu sasaran suistainable development goals yang sudah tidak dapat diabaikan dan merupakan prasyarat utama. Beliau menambahkan Desain pembelajaran dan soal berbasis HOTS bagi guru-guru merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Desain pembelajaran dan soal berbasis HOTS membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, yang muaranya adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, sekaligus meningkatkan kualitas lulusan. 

Kegiatan PKM ini beranggotakan dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNP yaitu Dr. Rino, M.Pd, MM, serta dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP yaitu Padli, S.Si, M.Pd. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Meningkatkan kompetensi pedagogi guru-guru akuntansi SMKN 2 Pariaman dalam hal: Mendesain pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yang merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dimiliki guru sebagai upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan; Merancang soal dengan kategori HOTS dan  Merancang soal yang sesuai dengan kaidah penulisan soal. Narasumber yang dihadirkan selama pelatihan, workshop dan pendampingan adalah Dr. Friyatmi, M. Pd. Beliau pakar di bidang akuntansi dan evaluasi. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 bertempat di SMKN 2 Pariaman. Kegiatan dilanjutkan dalam bentuk pendampingan hingga 4 hari berikutnya. Kepala Sekolah SMKN 2 Pariaman sekaligus Bundo Kanduang Kota Pariaman periode 2016-2021, Dra. Arrahmi, sangat mensupport kegiatan ini dan berharap kedepannya kegiatan seperti ini dengan tema yang berbeda terus dilaksanakan.

Tim PKM ini berharap setelah mendapatkan sertifikat, kedepannya para peserta kegiatan PKM bersedia dan komit menerapkan ilmunya di dalam pembelajaran, seperti pepatah minangkabau yang berbunyi “Alua jo patuik, patuik jo mungkin”. Komitmen guru untuk melaksanakan keterampilan yang telah diperoleh sangat penting, karena jika tidak maka akan sia-sia kegiatan PKM yang sudah dilaksanakan.