Ekspo Fakultas Ekonomi 2016

Padang – FE UNP. Kewirausahaan merupakan gabungan dari kemampuan dan keterampilan, oleh karena itu untuk mempelajarinya maka dibutuhkan praktek-praktek nyata. Karena dengan hanya mempelajari teori di dalam kelas saja, mahasiswa tidak dapat merasakan secara langsung pengalaman berwirausaha. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dengan Kewirausahaan sebagai icon-nya setiap tahun selalu rutin mengadakan Ekspo. Dengan dilaksanakannya Ekspo ini para mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman langsung meproduksi produk, mempromosikan, memasarkan, dan menyusun sendiri berbagai strategi bisnis mereka. Adakalanya para mahasiswa mendapatkan berbagai kesulitan dan kendala, namun itu adalah bagian dari proses pembelajaran yang dilalui.

Ekspo Fakultas Ekonomi ini diikuti oleh para mahasiswa dari seluruh jurusan yang mengambil matakuliah Kewirausahaan pada semester genap ini. Sebelumnya, di kelas masing-masing para mahasiswa sudah membentuk kelompok-kelompok/ perusahaan-perusahaan kecil, lengkap dengan struktur organisasi, merek, slogan, banner, iklan di media sosial dan terutama produk-produk kreatif. Produk-produk hasil kreasi mahasiswa ini juga telah diperdagangan secara rutin sekali seminggu di setiap hari Rabu dan Kamis di hari Entrepreneur Day. Sehingga acara Ekspo dapat dikatakan sebagai acara puncak dari kegiatan perkuliahan Kewirusahaan di Fakultas Ekonomi.

Kegiatan ekspo pada tahun ini tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa yang mengambil matakuliah Kewirusahaan saja, namun terdapat beberapa stand yang diisi oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi yang memang memiliki bisnis sendiri. Para mahasiswa ini juga berkesempatan untuk menghadirkan produknya serta melakukan jual beli.

Ekspo yang dilaksanakan di Lapangan Parkir Fakultas Ekonomi pada tanggal 8-9 Desember 2016 ini juga dilengkapi dengan Seminar Nasional Kewirausahaan. Seminar ini menghadirkan ketua HIPMI Zigo Rolanda sebagai narasumber utama, serta Isra mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 sebagai narasumber kedua. Seminar ini sendiri dilaksanakan pada tanggal yang sama di Auditorium Fakultas Ekonomi UNP. (ot)