.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Implementasi Dan Pemahaman Konsep Koperasi Syariah di Kabupaten Pesisir Selatan

Dewasa ini, kehadiran koperasi dirasa cukup banyak membantu peningkatan perekonomian masyarakat dan pembangunan ekonomi. Koperasi mampu membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan ekonominya secara mandiri melalui kegiatan usaha koperasi dengan berprinsipkan pada ekonomi kerakyatan. Kehadiran koperasi berbasis syariah kini menjadi tren di masyarakat dan digadangkan sebagai salah satu alternatif pembiayaan usaha masyarakat yang muncul dari transfromasi antara sistem perkoperasian yang sudah berjalan.

Beranjak dari fenomena tim, tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang yang diketuai oleh Helga Nuri Honesty, SE, M.Acc, Ak mengadakan pelatihan dan pendampingan pada pengurus dan anggota Koperasi Syariah Berkah Bersama (KSBB) Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020 dan dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Pessir Selatan, Bapak Feby Rifli, SH.

Ibu Helga selaku ketua pengabdian mengungkapkan kendala yang paling krusial yang dihadapi oleh Koperasi SBB Nagai Kambang Timur Pessel yaitu masih banyaknya anggota koperasi SBB Nagari Kambang Timur yang belum memahami betul konsep dari koperasi berbasis syariah ini, sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya koperasi SBB Nagari Kambang Timur koperasi ini cenderung masih sulit membedakan antara koperasi konvensional dengan koperasi Syariah, terutama dalam hal pencatatan transaksi keuangan koperasi yang masih belum baik.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pengurus dan anggota koperasi SBB Nagari Kambang Timur dalam hal terkait manajemen pelaksanaan kegiatan koperasi berbasis Syariah, dan diharapkan setelah kegiatan pengabdian ini pengurus dan anggota Koperasi SBB Nagari Kambang Timur dapat mengimplementasinya koperasi syariah sesuai dengan prinsip Islam.