Jurusan Manajemen Mempersiapkan Sertifikasi AUN QA di Tingkat ASEAN

Padang – FE UNP. Sesuai dengan arahan Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ganefri yang disampaikan pada saat wisuda bulan Maret yang lalu, Jurusan Manajemen FE UNP saat ini tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan sertifikasi internasional AUN-QA. Hal ini juga sejalan dengan visi Universitas Negeri Padang “Menjadi Salah Satu Universitas Di Kawasan Asia Tenggara Di Bidang Ilmu Kependidikan, Teknologi, Olahraga, Bahasa Dan Seni Pada Tahun 2025 Berdasarkan Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

ASEAN University Network (AUN)merupakan sebuah organisasi jejaring universitas di tingkat ASEAN yang mempunyai tujuan utama memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara ASEAN. Saat ini, Indonesia sendiri baru mempunyai 4 perguruan tinggi yang menjadi anggota AUN dan mendapatkan assessment AUN-QA tiap tahunnya yaitu UI, UGM, ITB, dan UNAIR.

AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN. Ini adalah salah satu bentuk pemantauan kualitas dari AUN yang berusaha melakukan pengukuran secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan terhadap universitas-universitas anggotanya.

AUN QA sendiri sebenarnya merupakan sebuah assessment, dan bukan akreditasi. Sedangkan Akreditasi merupakan bagian dari QA.

Dekan Dr. Idris, M.Si sendiri telah menunjuk sebuah Tim Task Force yang diketuai oleh Rahmiati, SE., M.Sc untuk mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam proses ini. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report) terlebih dahulu. Setelah itu barulah akan dilakukan proses visitasi oleh tim reviewer dari anggota AUN yang berasal dari negara ASEAN lainnya untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan. (ot)