Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP menjadi Finalis IDEAS Summit FEB UGM

Yogyakarta - FE UNP. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Indriana Rezkia Putri, Muria Wahyuni dan Ricky Savega berhasil menjadi finalis IDEAS Summit Batch 3 dengan tema “mewujudkan sociopreneur kreatif terhadap kemajuan potensi daerah Indonesia” yang diadakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 6-9 Maret 2017.

IDEAS Summit merupakan satu dari tiga rangkaian kegiatan The 11th Management’s Eventsyang turut serta mendukung program “Nawa Cita” (poin tiga) pemerintahan Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Setiap delegasi akan memberikan ide-ide dalam menciptakan sebuah proyek sosial (sociopreneur) melalui pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

Ketiga delegasi FE UNP tersebut tergabung dalam tim Lapau Minang yang mengusung project pemberdayaan masyarakat di daerah Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat yaitu pengelolaan buah naga dan pepaya yang notabene banyak di produksi di daerah tersebut menjadi makanan tradisional yang bernilai jual tinggi. Projek inilah yang mengantarkan ketiga mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNP ini mewakili Padang, Sumatera Barat untuk memaparkan projeknya di FEB UGM bersama 19 tim delegasi lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia hasil dari seleksi paperdari 198 tim se-Indonesia yang disubmit Desember 2016 lalu. Para delegasi akan mempresentasikan projek masing-masing yang berangkat dari berbagai persoalan dan masalah yang ada di daerahmasing-masing delegasi. Adapun 19 tim delegasi lainnya berasal dari Bali, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Bogor, Jakarta, Jambi, Lampung, Makassar, Manado, Mataram, Palembang, Purwokerto, Surabaya, dan Yogyakarta tentunya.

Rangkaian Acara:

Kegiatan pertama adalah Insight session bersama praktisi, public figure dan perwakilan pemerintah dan Summit Session yang dibuka oleh penyampaian materi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kegiatan hari kedua  (8/3) adalah presentasi project di Pertamina Tower FEB UGM. Tim Lapau Minang mendapat giliran tampil ke-11. Penampilan yang baik dengan menggunakan pakaian adat tradisional minangkabau berhasil memikat para juri dan mendapat apresiasi meriah dari delegasi lainnya. Kegiatan selanjutnya adalah IDEAS Challange (ICE) Trip di Keraton Kesultanan Yogyakarta – Benteng Fort de Vredeburg – Malioboro yang kemudian diakhiri dengan homestay di desa wisata Tembi. Hari ketiga diadakan kegiatanField Tripdi desa Wisata Tembi. Acara puncak IDEAS Summit Batch 3 FEB UGM ditutup dengan perhelatan BANQUET yang merupakan Awarding Night dari seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan. Adapun Best Project diraih oleh Tim Huruun delegasi dari Institut Pertanian Bogor.

Meski belum berhasil meraih penghargaan terbaik, delegasi dari FE UNP tetap mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai kalangan karena berhasil mengembangkan potensi daerah, mengenalkan serta mempromosikan pariwisata Sumatera Barat kepada delegasi seluruh Indonesia. (ot)