.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Mahasiswa FE Ikuti Pelatihan Kewirausahaan di Bukittinggi

Bukittinggi – FE UNP. Dalam rangka mendorong jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa di Sumatera Barat, Dinas Pemuda dan Olahraga  (Dispora) Provinsi Sumbar dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa 2016 yang diadakan di Hotel Nikita Bukittinggi pada tanggal 21-23 April 2016.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat, diantaranya Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim serta perguruan tinggi lainnya. Dari UNP sendiri mahasiwa yang mewakili diantaranya adalah dari Fakultas Ekonomi dari berbagai Program Studi.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera yang diwakili oleh H. Nofrizon. Dalam sambutanya ia mengatakan bahwa jumlah pengusaha di indonesia harus ditingkatkan lagi, karena saat ini Indonesia belum memenuhi standar kuantitas wirausaha sebuah negara maju yaitu jumlah pengusaha sebanyak 2 % dari jumlah penduduknya.Saat ini kita masih tertinggal dari negara tetangga seperti  Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam. Dalam pembukaantersebut Turut hadir ketua HIPMI Sumbar Zigo Rolanda, serta Kepala Bidang Pengembangan Pemuda DISPORA Provinsi Sumbar Dra. Ely Ditra M.Si.

Selama tiga hari para peserta mendapatkan materi mengenai kewirausahaan dari para narasumber  yang telah berpengalaman di bidang bisnis seperti Yaser Palito yang merupakan Ketua Bidang Kreatif,Kesehatan Dan Telekomunikasi HIPMI PUSAT  serta Nuril Anwar dari HIPMI Pusat. Serta pemateri Didi Tidore yang akrab disapa Koko menjelaskan kiat sukses dalam membuat Business Plan.

Pada acara ini pemateri memberikan arahan tentang bagaimana membangun sebuah usaha yang baik dan juga memberikan motivasi bahwasanya yang terpenting dalam bisnis haruslah memiliki mental yang kuat dan mesti berkarakter. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Dengan adanya acara ini diharapkan para peserta menjadi pencipta pekerjaan bukan pencari pekerjaan dan juga dapat meningkatkan jumlah pengusaha yang ada di indonesia. Acara pelatihan ini merupakan satu dari sepuluh program unggulan yang diadakan oleh Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengikuti pelatihan, Randi Ramadhani (Prodi Manajemen) menanggapi positif acara yang diikuti. “Acara ini merupakan suatu kegiatan yang bersifat edukatif dan wahana menambah wawasan mahasiswa untukberwirausaha, tata cara berwirausaha,apa yang harus dilakukan ketika membuka usaha,dan bagaimana cara mengembangkan usaha yang sudah dijalani”.(rr/ot)