Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP Mengikuti Program SEA Teacher Batch 7 di Filipina

Padang - FE UNP. SEA Teacher atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia merupakan program yang diselenggarakan oleh Menteri Pendidikan Asia Tenggara melalui Dewan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) yang bergerak dalam ranah pendidikan dengan negara-negara di Asia Tenggara. Program SEA Teacher ini merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa jurusan kependidikan untuk praktik mengajar di negara-negara ASEAN. SEA Teacher bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara yang merupakan salah satu bidang prioritas SEAMEO.

SEA Teacher Batch 7 dilaksanakan mulai tanggal 7 Januari sampai dengan 4 Februari 2019 yang diikuti oleh berbagai Universitas di Asia Tenggara. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari Universitas di Asia Tenggara untuk melakukan praktikum (pengalaman mengajar) di sekolah-sekolah negara di Asia Tenggara. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNP yang mengikuti SEA Teacher pada tahun 2019 adalah Nadia Ayu Rifani Putri di Benguet State University dan Fadilla Ulfah di Saint Marys’ University (SMU), Filipina.

Agenda utama yang diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi pada program SEA Teacher Batch 7 ini  adalah melakukan praktik mengajar. Praktik mengajar dilakukan di Senior Hight School Saint Marys’ University (SMU) Filipina pada grade 11 dan 12, dan  di BSU-Secondary Laboratory School grade 7 dan 9. Sebelum melakukan praktik mengajar mahasiswa mengikuti mentoring pembuatan lesson plan dan media pembelajaran. Disamping kegiatan utama tersebut mahasiswa juga mengikuti kegiatan lain berupa sharing, cultural exchange, dan outbond. Pada kegiatan SEA Teacher ini, mahasiswa juga  mempelajari tentang kondisi budaya dan perekonomian yang ada di Filipina. Kegiatan SEA Teacher ini dirasakan sangat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP yang mengikuti program ini terutama dalam praktik mengajar di kelas internasional.