Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM 5 Bidang)

Padang – FE UNP. Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa  adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang pada tanggal 6 November 2016 di Ruang Kuliah Fakultas Ekonomi (M108 dan M107) kegiatan ini di buka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Dr. Efrizal Syofyan, SE., M.Si., CA. AK. yang didampingi oleh Pembina BEM Okki Trinanda, SE., MM. Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM 5 Bidang merupakan ajang bergengsi yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tingi (RISTEKDIKTI).

Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM 5 Bidang terdiri dari lima jenis yaitu: PKM-Penelitian, PKM-Kewirausahaan, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Teknologi dan PKM-Karsa Cipta, namun pelatihan yang diselenggarakan di Fakultas Ekonomi hanya 3 bidang saja, yaitu PKM-Penelitian, PKM-Pengabdian Masyarakat dan PKM-Kewirausahaan mengingat bahwa Fakultas Ekonomi tidak menciptakan alat baru ataupun teknologi baru.

Pemateri atau mentor untuk kegiatan ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang sendiri yang telah memiliki banyak pengalaman dalam penulisan proposal dan telah beberapa kali menerima dana hibah PKM yang di dapat dari RISTEKDIKTI yaitu: Sandi Putra dan Bayu Rahmadi Putra mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi, serta Khoirul Ihwanudin mahasiswa Jurusan Sosiologi (2012).

Tujuan dari diadakan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya penerima beasiswa bidikmisi, agar peka dengan melihat keadaan lingkungan sekitar yang dapat menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam penulisan proposal ini yang berguna bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Selain itu untuk mewujudkan UNP 1000 PKM yang telah dicanangkan oleh Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.(ot)