.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Pelepasan Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Padang----Merujuk pada berita sebelumnya Departemen Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang pada tanggal 24 Agustus 2022 melaksanakan  pengembangan kemitraan untuk implementasi (MBKM) Bersama Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Malang (FEB UM) dan mendiskusikan mata kuliah serta teknis pelaksanaan pertukaran mahasiswa. Sebagai bukti implementasi kegiatan tersebut pada tanggal 23 September 2022 Departemen Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang melaksanakan Pelepasan Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara daring lebih dari 200 mahasiswa.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Padang Bapak Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt. Wakil Rektor 1 juga memberi kata sambutan, beliau menyampaikan dukungan kepada Program Studi Pendidikan Ekonomi dalam implementasi MBKM dan mengharapkan di Program Studi lain di UNP juga bisa mengoptimalkan kegiatan MBKM tersebut.

Dekan fakultas Ekonomi Bapak Dr, Idris, M.Si juga memberikan kata sambutan dalam acara tersebut, Bapak Dekan dan Kepala Departemen Pendidikan Ekonomi sangat mengharapkan mahasiswa yang terlibat pada kegiatan MBKM ini dapat melaksanakan kegiatan ini secara optimal.

Laporan yang disampaiakan oleh Sekretaris Departemen Pendidikan Ekonomi Rani Sofya, S.Pd, M.Pd bahwa pada Implementasi PKKM di tahun ke 2 ini Prodi Pendidikan Ekonomi berusaha meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama khususnya IKU 2 yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus. Pada Tahun 2021 mahasiswa baru mengikuti kegiatan magang dan asistensi mengajar, namun di tahun 2022 ini mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi ikut serta dalam 8 kegiatan MBKM saat ini sekitar 200 orang lebih. yaitu:

  1. Pertukaran Mahasiswa (Dengan Universitas Negeri Malang).
  2. Magang/Praktik Kerja (PT Vortex, PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Altrak, Auto 2000, Lembaga Bantuan Hukum) dan Magang Merdeka di Papua.
  3. Asistensi Mengajar (di Sekolah Seluruh Indonesia)
  4. Penelitian/Riset.
  5. Proyek Kemanusiaan (Bermitra dengan PMI Kota Padang)
  6. Kegiatan Wirausaha.
  7. Studi/Proyek Independen (SMA Pembangunan Laboratorium UNP).
  8. KKN Tematik Membangun Desa (Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam).

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program rancangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Berdasarkan kebijakan ini, banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikuti MBKM, selain dari pengalaman mahasiswa juga mendapatkan manfaat pengakuan 20 SKS, MBKM mengkonversi mata kulai 1 semster, dan mahasiswa MBKM juga mendapatkan biaya hidup lainnya sesuai ketentuaan. (MH-FEUNP)