.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Pembinaan Masyarakat: Hilirisasi Produk Berbasis Aren Yang Berwawasan Lingkungan

Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat(LP2M) Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan pembinaan kepada masyarakat Nagari Andale Baruh Bukik Kecamatan Sungayang  mengenai Pengembangan Hilirisasi produk berbasis Aren yang berwawasan Lingkungan, yang di adakan di aula kantor Wali nagari Andaleh Baruah Bukik, kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat,  Rabu (30/09/20) pukul 09: 30 wib.

Dalam kegiatan acara ini di hadiri oleh Camat Sungayang “yatriwel,” sekaligus Pembuka acara, wali nagari andaleh baruh bukik “Albayani Dt Paduko Besar,” Ketua Pelaksana Pengabdian pada Masyarakat “Drs. Zul Azhar, M. Si,” dalam bidang Kajian Lingkungan dan Perencanaan Pembangunan. Hadir beberapa Tim Ahli Ekonomi “Prof. Dr. Hasdi Aimon M. Si,” dan Tim ahli Tata Boga Prof. Dr. Ir. Anni Farida, M.Si,” dan Dr. Syamwil, M.Pd, Drs Ali Anis, MS, Sebagai Moderator Hari Setia Putra, SE.,M.Si, dan Khairanis, S.Pd serta satu orang mahaiswi Tata boga serta masyarakat nagari Andaleh Baruh Bukik.

Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar terkenal dengan produk unggulan daerahnya sebagai penghasil Gula Aren. Gula Aren dari wilayah ini sudah turun temurun dari dulu sampai sekarang dan setiap rumah tangga hampir merata di memiliki pohon aren. Dahulunya wilayah ini tandus, bertani dengan sawah tadah hujan, jika musim hujan sering terjadi longsor karena topografi wilayah perbukitan yang miring dan curam. Semenjak ada tanaman aren tumbuh subur dan banyak , jarang terjadi longsor dan kekeringan.

Drs. Zul Azhar, M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang mengatakan, yang menjadi masalah saat ini adalah masyarakat belum mengetahui manfaat dan kegunaan Aren dari sudut pandang kimia, teknik dan ekonomi secara mendalam. “Terbukti bahwa hasil pohon aren yang diambil masyarakat hanya Nira untuk gula aren dan buah untuk kolang kaling, sedangkan hilirisasi produk berbasis aren sangat banyak yang belum dimanfaatkan masyarakat secara ekonomi,” katanya.

“Kami ingin melakukan pengembangan hilirasi produk berbasis aren yang berwawasan lingkungan. Salah satu nagari binaan kami saat ini adalah Nagari Andalah Baruh Bukik Kecamatan Sungayang,’” tutur Drs. Zul Azhar, M.Si

Drs. Zul Azhar, M.Si mengungkapkan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh Dosen di Perguruan Tinggi untuk dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan Lingkungan. Menurut ketua kegiatan pengabdian masyarakat ini, Nilai keekonomian pohon Aren memiliki multi produk dan multi fungsi. Multi produk hampir seluruh batang tubuh pohon aren dapat bernilai guna (utility form), sedangkan multi fungsi pohon aren mengurangi banjir, longsor serta tanah tidak mudah kering (hydrologis function).

“Diwilayah ini juga sudah mendapat bantuan mesin pengolah gula semut Aren, tetapi tidak berfungsi, maka ini juga menjadi sasaran pembinaan,” ujar Zul Azhar yang juga sebagai mahasiswa Program Studi Doktor Kajian Lingkungan dan Pembangunan Universitas Negeri Padang yang dalam waktu dekat akan segera meraih gelar Doktornya.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Hasdi Aimon, M.Si, sebagai tim ahli dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menyampaikan, untuk pengembangan usaha pendapatan masyarakat dan membantu pemerintahan Nagari menjalankan perencanaan sesuai dengan RPJM yang dimiliki, ada 4 kelompok sasaran dari Rintisan Nagari Binaan antara lain: (1) memberikan pengetahuan dan penyuluhan tentang manfaat dan kegunaan aren dari sudut pandang kimia anorganik, organik dan kajian lingkungan hidup dari aren, (2) keterampilan dan praktek membuat hilirisasi produk berbasis aren seperti makanan dan minuman, (3) keterampilan dan pemakaian berbagai alat untuk mengolah produk berbasis aren, dan (4) manajemen produksi dan pemasaran (bentuk produk/design cetakan produk, design kemasan produk/label, serta pasar yang dituju untuk pemasaran produk).

Drs. Zul Azhar, M.Si mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini rencananya akan berlangsung selama 3 tahun, pada tahun 2020 sebagai tahun pertama, kegiatan berfokus pada merancang model inovasi untuk produk berbasis aren serta melatih petani aren dan home industri untuk membuat berbagai produk berbasis aren. Pada tahun kedua, kegiatan pelatihan membuat design cetakan produk, kemasan dan pasar yang dituju untuk pemasaran produk berbasis aren. Selanjutnya pada tahun ketiga, melakukan pelatihan penggunaan mesin pembuat gula semut Aren dari ahli teknik mesin. solusi Rintisan Nagari Binaan ini dari Universitas Negeri Padang dimaksudkan untuk membantu pengembangan Hilirisasi Produk Berbasis Aren dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh petani/pengusaha Aren khususnya dan kelompok petani Aren pada umumnya di Nagari Andaleh Baruh Bukit Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Beliau mengharapkan semua pihak yang terlibat, baik perangkat Nagari dan masyarakat setempat dapat berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat petani Aren dan Home Industry ini untuk mengetahui manfaat dan kegunaan aren dari sudah pandang kimia anorganik, organik dan kajian lingkungan hidup dari Aren yang pada akhirnya mendapat pendapat masyarakat setempat. (Hari Setia Putra)