.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Pembukaan POMNAS XVII Sumbar di UNP Tahun 2022 Dihadiri Mendikbudristek

Padang--- Upacara Pembukaan POMNas XVII Tahun 2022 di Sumatera Barat, digelar pada hari Kamis tanggal 17 November 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Mas Nadiem Anwar Makarim dan Gubernur Sumatera Barat serta Forkompinda Sumbar Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) adalah ajang olahraga nasional antar provinsi untuk mahasiswa perguruan tinggi tingkat sarjana dan diploma di Indonesia. POMNas diadakan setiap 2 (dua) tahun sekali. Di samping itu POMNas merupakan salah satu event olahraga prestasi nasional setelah PON (Pekan Olahraga Nasional). POMNas diselenggarakan pertama kali di Yogyakarta pada tahun 1990. Nomor urut penyelenggaraan selanjutnya didasarkan pada POMNas pertama tersebut. Event POMNas XVI dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2019, yang seyogianya POMNas XVII terlaksana pada tahun 2021, maka ditunda penyelenggaraannya menjadi tahun 2022 ini karena pandemi Covid 19.

Acara POMNas ini berlangsung selama 10 hari, digelar mulai tanggal 17 sd 26 November tahun 2022. Adapun event POMNas XVII di Sumatera Barat mempertandingkan 14 cabang olahraga, diantaranya: Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepak Takraw, kesembilan cabang ini digelar di Kampus UNP, sementara cabang Tae Kwon Do dan Karate di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Untuk cabang Bulu Tangkis dan Panjat tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas.

Selanjutnya total seluruh peserta yang akan bertarung pada event POMNas XVII ini mencapai ± 8.948 yang terdiri dari atlet 3.079 dan 5.869 official serta pelatih serta 455 wasit yang berasal dari 34 Provinsi. Para atlet akan memperebutkan 1.274 keping medali terdiri dari 368 medali emas, 368 perak, dan 538 perunggu pada 166 nomor lomba, serta melibatkan 408 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

 

Rektor UNP Prof. Ganefri, P.hD mengatakan “tujuan dari POMNas XVII yang bertemakan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat” adalah: (1) Memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antar mahasiswa. (2) Memupuk dan meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. (3) Meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa. (4) Meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa. (5) Meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa dan, (6) Membantu pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangankan prestasi olahraga nasional dan internasional, serta (7) Menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga. 

Ditambahkan “untuk meningkatkan kualitas pertandingan pada event POMNas ini, pertama kalinya melibatkan lembaga Indonesia Anti Doping Organization (IADO) dan menggunakan sarana prasarana sesuai dengan standar nasional cabang olahraga”. 

Diharapkan oleh Rektor UNP yang juga terpilih sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) periode 2022-2024 “event POMNas ini dapat berkontribusi positif untuk peningkatan prestasi olahraga mahasiswa di tingkat nasional dan internasional. Event POMNas juga diharapkan dapat mensukseskan program MBKM dimana akan menghasilkan output mahasiswa yang berkarakter, beradab, jujur, berani, cerdas, mandiri, melalui kegiatan olahraga sehingga siap terjun ke masyarakat”. 

Terkait dengan persiapan POMnas XVII 2022 pihak penyelenggara telah menyiapkan semua sarana dan prasarana lomba sejak awal tahun 2022 ini. Salah satunya pembangunan fasilitas olah raga atletik berupa lintasan atletik berstandar internasional yang telah diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, tanggal 6 November 2022 di Universitas Negeri Padang (UNP) dalam menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) 2022.

Selanjutnya, panitia meminta perlu dukungan dari semua pihak demi suksesnya event POMNas XVII ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportifitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai tuan rumah kami mewakili Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, berupaya meraih Tri Sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dengan lahirkan atlet-atlit unggul peraih medali emas dan sukses menarik minat investasi & ekonomi untuk daerah.(MH-FEUNP)

Sumber : HumasUNP / www.unp.ac.id