.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Pengabdian Kepada Masyarakat di Nagari VII Koto Talago Dalam Mengolah Produksi Pertanian Ubi dan Pisang

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas dosen dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi. Pada tanggal 5 dan 6 November 2020 Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, yaitu Sri Arita, S.Pd, M.Pd.E dan Rita Syofyan, S.Pd, M.Pd.E melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Nagari  VII Koto Talago, Nagari  VII Koto Talago memiliki  produksi  pertanian  seperti  ubi dan pisang,  Nagari VII Koto Talago  ini  juga  memiliki  sumber  daya  manusia yang sangat  baik,  dan  memiliki  potensi  ekonomi  yang  sangat  strategis  untuk menunjang pertumbuhan  ekonomi di Kabupaten Lima Puluh Kota. Daerah ini merupakan daerah penghasil ubi dan pisang karena keadaan alam tanaman ubi dan pisang tumbuh subur di wilayah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan masyarakat sekitar dalam mengolah hasil pertanian ( ubi dan pisang) menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis, seperti bingka, nugget pisang dan makanan olahan lainnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengundang narasumber yang ahli dalam bidangnya, yaitu ibu Dr. Susi Evanita MS, yang memberikan materi tentang marketing dan packaging yang menarik untuk produk, sedangkan proses atau praktek pembuatan produk dipandu oleh Ibu Sri Arita, S.Pd, M.Pd.E yang ahli dalam bidang tata boga. diharapkan setelah kegiatan ini dilakukan, masyarakat mampu untuk mengolah bahan ubi dan pisang menjadi produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatan. hal ini tentunya bukan untuk jangka waktu pendek, jika dilakukan dengan serius tentunya akan sangat berpeluang untuk maju dan sukses dimasa yang akan datang, mengingat kota payakumbuh salah satu kota kuliner Sumatera Barat. (Rita Syofyan)