.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Seminar Nasional dan LKTI Asean Economic Community 2015, Indonesia for AEC 2015

Asean Economic Community 2015 merupakan kesepakatan yang telah dilakukan oleh negara Asean dalam beberapa bidang termasuk dalamnya negara Indonesia. Waktu yang terus berjalan membuat persaingan secara global dalam kawasan asean semakin dekat. Banyak pihak yang harus segera bergerak dalam menyambut dan menyiapkan diri dalam bersaing pada Asean Economic Community ini termasuk mahasiswa.

Mahasiswa sebagai elemen utama kampus yang merupakan institusi pendidikan tertinggi, selain berkewajiban untuk senantiasa mengembangkan potensi dan memajukan dirinya sendiri, juga sudah selayaknya ikut berperan aktif dalam memanifestasikan ide-idenya yang memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat secara luas. Layaknya agent of change, seorang mahasiswa harus mampu membawa perubahan bagi diri dan lingkungannya. Tentu saja untuk mampu membuat perubahan, seorang mahasiswa harus memiliki kompetensi dan keterampilan khusus di bidangnya. Untuk itu, mahasiswa perlu melakukan kegiatan yang produktif dan inovatif, sehingga diharapkan mampu mengembangkan diri dan memberikan manfaat yang dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat pada umumnya.

Guna menindaklanjuti keadaan ini, maka kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, merasa terpanggil untuk mengadakan seminar nasional dengan mengundang mahasiswa seluruh Indonesia untuk ikut berpatisipasi dalam acara ini. Dengan adanya acara ini akan membuat peningkatan kualitas mahasiswaa serta siap dalam bersaing di Asean Economic Community 2015. Acara pembelajaran dan pengembangan kompetensi mahasiswa ini memunculkan gagasan untuk menyelenggarakan seminar mencakup nasional.

Seminar nasional ini diadakan selama 3 hari dari tanggal 19-20 Juni tahun 2014. Acara ini terdiri dari 3 (lima) kegiatan, yaitu Seminar Nasional, presentasi makalah oleh masing-masing pemakalah, dan Field Trip. Seiring dengan diselenggarakannya seminar nasional dalam menyambut Asean Economic Community ini, maka semakin besar pula kiranya harapan kami agar para mahasiswa mempunyai kredibilitas, kualitas, dan kompetensi yang tinggi untuk bersaing dalam kegiatan ini dan bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik pada suasana Asean Economic Community 2015 nantinya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (BEM FE UNP) sebagai organisasi tinggi tingkat fakultas merasa terpanggil untuk mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi berbagai fenomena yang ada saat ini agar aspirasi dan kreatifitas mahasiswa bisa tersalurkan dengan baik, sehingga BEM FE UNP mampu memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya dan Universitas Negeri Padang umumnya demi tercapainya tujuan bersama, dimana kualitas diri mahasiswa semakin terasah dan mereka memiliki proyeksi jauh ke depan dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa telah mengangkat seminar nasional yang bertema ” Indonesian for AEC 2015”

Dasar perkembangan dan kemajuan suatu perguruan tinggi tergantung dari partisipasi dan peran mahasiswa. Mahasiswa merupakan komponen terpenting dari suatu perguruan tinggi yang perlu diperhatikan karena setiap perubahan yang terjadi pada perguruan tinggi tersebut tidak terlepas dari peran mahasiswa itu sendiri.

Supremasi mahasiswa sangat dipengaruhi dan tergantung kepada iklim yang kondusif meskipun keseluruhan aktifitasnya tergantung kepada mahasiswa itu sendiri.Tetapi diakui atau tidak, informasi dan berita memegang peran penting dalam pembentukan karakter, kepribadian dan intelektualitas mahasiswa. Untuk mewujudkan hal tersebut BEM FE mengadakan Seminar Nasional AEC 2015 yang nantinya sebagai fasilitator mahasiswa FE UNP dalam mempersiapakan diri untuk menghadapi Acean Economic Community.

Selain itu Seminar Nasional AEC 2015 bertujuan Menciptakan persatuan dan hubungan keakraban sesame mahasiswa seindonesia, dimana membantu untuk menjalankan roda organisasi sesuai dengan perandan fungsinya agar dapat nantimenunjang kreatifitas mahasiswa dalam menyambut Acean Economic Community 2015.Sesuai dengan pernyataan diatas, maka BEM FE UNP melakukan Seminar Nasional AEC 2015 demi terciptanya mahasiswa yang dan akademisi yang tangguh serta memiliki pemahaman dalam hubungan dengan bangsa lainya sebagaimana mestinya.