.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Seminar Nasional HMPS Manajemen

Padang-FE UNP. Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPS Manajemen) merupakan organisasi mahasiswa dilingkungan Fakultas Ekonomi Unversitas Negeri Padang. Sebagaimana telah dicantumkan dalam Program Kerja-nya, HMPS Manajemen FE UNP pada semester ini mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan “Panduan Memasuki Dunia Kerja”.

Seminar yang dilaksanakan pada hari Jumat, 20 mei 2016 di Auditorium Prof. Kamaluddin FE UNP pada pukul 08.30 WIB tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Yunia Wardi, Drs., M.Si.Pada seminar ini juga di hadiri oleh para jajaran Fakultas Ekonomi, yaitu Wakil Dekan IIIDr. Efrizal Syofyan, SE., M.Si., Akt., CA, para dosen, dan perwakilan organisasi mahasiswa selingkungan FE UNP. Tidak ketinggalan pula seminar ini dihadiri mahasiswa/si dan calon wisudawan/ti FE UNP sebagai peserta seminar.

Seminar ini membahas tips dan trik dalam memasuki dunia kerja, yang disampaikan oleh penulis buku Panduan Memasuki Dunia Kerja (penerbit Erlangga), yaitu Drs. Djoko Purwanto, M.B.A.

Seminar ini dilaksanakan sebagai modal pengetahuan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk memasuki dunia kerja nantinya, sebagaimana yang disampaikan oleh narasumber, “memasuki dunia kerja dengan tangan kosong itu tidak luar biasa”. Setiap orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan yang diinginkan, tetapi keinginan ini seringkali tidak dilengkapi dengan kesiapan diri para pencari kerja. Hal ini juga diikuti dengan semakin ketatnya persaingan global untuk memasuki dunia kerja yang dilengkapi dengan berlangsungnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menyebabkan semakin terbatasnya peluang kerja.

Pada seminar ini Djoko Purwanto juga menyampaikan pesan bahwa agar sukses memasuki dunia kerja perlu adanya persiapan berupa analisis diri (metode SWOT personal), konsep tujuan bekerja, menyusun surat lamaran kerja dengan metode attention, interest, desire, dan action (AIDA), menyusum resume dan portofio dengan baik dan rapi, serta memahami konsep pemeriksaan psikologis dan menyiapkan mental dan fisik untuk wawancara.

Seminar ini berlangsung meriah dengan adanya penampilan solo song oleh salah satu panitia dari HMPS Manajemen FE UNP serta adanya doorprize yang diberikan oleh pihak panitia dan sponsor. Semoga dengan terlaksananya seminar ini, para pencari kerja dapat mempersiapkan dirinya dengan begitu matang agar dapat meraih dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan harapan mereka. (ot)