.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Seminar Online Wirausaha Sosial: Challenge Yourself Over The Limit

Laboratorium Inkubator Bisnis (InkuBi) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang sukses melaksanakan Seminar Online Wirausaha Sosial dengan tema Challenge Yourself Over the Limit, yang diadakan pada hari Senin, 26 Oktober 2020 pukul 08.30 -12.15 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dalam rangkaian Dies Natalis Universitas Negeri Padang yang ke 66 Tahun. Pemateri yang diundang untuk mengisi acara ini adalah Novi Bayu Darmawan (CEO & Founder Kampung Marketer) dan Rico Sapta Hadi (Influencer Sumatera Barat & Owner Minang Lip). Kegiatan ini diramaikan oleh mahasiswa, praktisi, wirausahawan dan masyarakat umum di Indonesia. Kegiatan disponsori oleh Prenada Media dan RajaGrafindo Persada (Penerbit dan Percetakan), serta media partner didukung oleh Minang Lip dan Kampung Marketer.

Efni Cerya, S.Pd, M.Pd.E selaku Ketua Laboratorium Inkubator Bisnis FE UNP dan Ketua Pelaksana kegiatan ini menyampaikan, wirausaha sosial berperan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada masyarakat, tidak hanya dengan social charity namun bisa lebih dari sekedar bakti sosial. Para wirausaha sosial dapat melakukan suatu perubahan besar pada tatanan yang dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang ada, wirausaha sosial berfokus pada pengaruh perubahaan sosial yang positif dengan memberikan sumberdaya yang tersedia kepada masyarakat.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Dr. Idris, M.Si, dalam kesempatannya memberikan kata sambutan dan membuka secara resmi kegiatan ini menuturkan, tren wirausaha sosial sosial saat ini sudah merebak dan menarik para milenial sebagai pelaku usaha. Beliau menyatakan banyak para pelaku usaha yang sudah berpikir untuk memberikan dampak sosial dari bisinis yang mereka jalankan, namun untuk menyeimbangkan antara menghasilkan suatu revenue dan memberikan suatu dampak sosial terkadang terasa sulit untuk dilakukan.

Novi Bayu Darmawan menyampaikan materi dengan topik “Menjadi Sosial Entrepreneur Muda dan Mandiri di Era 4.0”. Bayu mengungkapkan, sebagai seorang wirausaha seringkali kita hanya berusaha menambah kekayaan dan meningkatkan kesejahteraan diri sendiri, namun dibalik itu semua terkadang kita lupa tujuan sebenarnya dari usaha itu sendiri, anggaplah kekayaan yang kita dapatkan sebagai bonus. Dalam sesi berikutnya, Rico Sapta Hadi yang akrab dipanggil Da Lip menyampaikan materi “Optimasi Bisnis Melalui Instagram bagi Wirausaha Sosial”. Da lip mengatakan, mempromosikan bisnis kita secara online, saat ini jauh lebih efektif dengan menggunakan Instagram Bisnis. Sebagai salah satu marketing platform yang banyak digemari, Instagram Bisnis menawarkan berbagai fitur khusus yang tidak ditemukan pada akun personal.

Acara ditutup secara resmi oleh Dr. Marwan, S.Pd.,M.Si, selaku Wakil Dekan I FE UNP. Beliau menyampaikan, wirausaha sosial perlu didukung ditengah Pandemi Covid-19 ini, karena diharapkan wirausaha sosial dapat memberikan kontribusi untuk menyelamatkan masyarakat akibat pandemi. Wirausaha sosial adalah masa depan bisnis dan kita harus fokus dalam mengembangkan wirausaha sosial melalui pendampingan dan pelatihan. (HSP)