.:: ~PIMPINAN BESERTA SELURUH CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA WAKIL DEKAN 1 Dr.MARWAN, S.Pd, M.Si, WAKIL DEKAN 2 ABROR, SE, ME, Ph.D DAN WAKIL DIREKTUR 2 SEKOLAH VOKASI UNP Dr. RAMEL YANUARTA RE, SE, MSM DAN DILANTIKNYA KEPALA DEPARTEMEN DAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI~ TERIMAKASIH KEPADA Dr.YULHENDRI, S.Pd, M.Pd ATAS PENGABDIAN SEBAGAI WAKIL DEKAN 3 ( 2016-2023 )~DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 78 "TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU" ~ SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TAHUN 2023 ~ FAKULTAS EKONOMI REASMI BERUBAH NAMA MENAJDI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, SEMUA INFORMASI PERKULIAHAN AKAN SELALU UPDATE PADA WEBSITE RESMI::.                                                                  

Seminar Sehari “Literasi Informasi Berbasis Teknologi Informasi”

Padang---Literasi informasi adalah kemampuan seseorang untuk mengartikulasikan kebutuhan informasinya, mengidentifikasi, menemukan, dan mengevaluasi sumber-sumber informasi yang ditemukan serta kemampuan untuk menggunakan informasi tersebut. Kemajuan teknologi informasi dan prinsip pembelajaran seumur hidup adalah dua alasan pentingnya literasi informasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan informasi melimpah ruah dan dapat dikomunikasikan dengan waktu yang relatif singkat tanpa mengenal batas-batas ruang ataupun geografis.

Dengan prinsip pembelajaran seumur hidup, seseorang dituntut untuk bisa belajar secara mandiri melalui sumber-sumber informasi yang telah tersedia dari berbagai media. Untuk menyukseskan program literasi informasi khususnya di lembaga pendidikan diperlukan kerja sama antara staf pengajar dan pustakawan. Perubahan sistem pengajaran yang menyediakan paket informasi harus dirubah ke sistem pengajaran yang mengarahkan Mahasiswa untuk mengexplorasi sendiri sumber-sumber informasi dari berbagai media. Pustakawan memiliki tanggung jawab untuk mengenali dan menyediakan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan oleh Mahasiswa dalam proses pembelajarannya sekaligus mengajarkan literasi informasi. Untuk itu pustakawan memiliki tantangan berupa penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dan kemampuan untuk mendesain, mengimplementasikan dan mengevaluasi program pengajaran literasi informasi.

Kegiatan seminar sehari yang dilaksanakan di Gedung Perpusatakaan Pusat Universitas Negeri Padang pada tanggal 30 Agustus 2022 diikuti oleh pustakawan dari Perpustakaan  Universitas Negeri Padang, Petugas Ruang Baca Fakultas  yang ada di lingkungan UNP dengan jumlah kurang lebih sebanyak 50 orang. Sebagai Narasumber pada Bimbingan Teknis ini adalah Ibu Luluk Tri Wulandari, S.S., M.Hum dan Bapak Sony Pawoko, S.Sos., M.TI dari Universitas Indonesia, dengan materi yang disampaikan mengenai materi Literasi Informasi Berbasis Teknologi Informasi dan Praktek keterampilan literasi informasi berbasis TI. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan dan Percetakan Universitas Negeri Padang Dr. Asrul Huda, S.Kom., M.Kom.

Narasumber memaparkan materi mengenai “Identifikasi Kebutuhan Informasi dan Strategi Akses E-Resources”. Dalam materi yang di sampaikan berupa petunjuk dan penjelasan mengenai informasi, bagaimana cara mendapatkan informasi baik secara langsung, secara searching dan membuka akses informasi tersebut. Peserta seminar juga langsung mempraktekkan sesuai arahan narasumber.

Pustakawan dan Petugas Ruang baca yang ditugaskan dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang sebanyak 3 orang yaitu, Yonizar, S.Sos, Doreska Alputra, S.Hum dan  Syafriadi, S.AP. Mereka juga sudah memperaktekkan aplikasi yang di jelaskan oleh narasumber. Menurut salah satu pustakwan FE UNP menyatakan bahwa informasi menjadi suatu tantangan serta acuan dan motivasi bagi pustakawan untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi pustakawan yang handal dan mampu memanfaatkan teknologi informasi pada perpustakaan. (MH-FEUNP)