Student Mobility Program Mahasiswa UUM ke FE UNP

Padang. FE UNP. Kegiatan student mobility program yang tidak berkredit (yang selanjutnya disebut student mobility), merupakan salah satu bagian dari kerjasama program kerjasama Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan School of Bussiness Management , College of Bussiness Universiti Utara Malaysia. Student mobility ini terselenggara dari tanggal 16 Agustus – 20 Agustus 2018, dengan peserta berjumlah 23 (dua puluh tiga) orang mahasiswa UUM dengan seorang  pendamping/pensyarah, Dr. Moh. Nizam bin Sarkawi.

Student mobility ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan : Lecturer’s Talk, Sharing Session, SME Visit, Social Responsibility, dan Cultural Night. Dengan juga melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi UNP (melalui Himpunan Mahasiswa/Hima) dan juga mahasiswa yang pernah kuliah di Universiti Utara Mahasiswa (program dual-degree)

Rangkaian Kegiatan Student Mobility
16 Agustus 2018

Venue : Auditorium Prof.Kamaluddin, Fakultas Ekonomi

  1. Lecturers Talk by Prof. Yasri UNP and Dr. Nizam UUM
    Moderator : Vidyarini Dwita, Ph.D
  2. Sharing Session with the UUM MEC CLUB and UNP’s Club.
    Disampaikan oleh Nurul Asyiqin (Presiden MEC CLUB) dan Yoga Rahmat (Ketua Hima Manajemen FE UNP)
  3. Sharing session about studying in UUM by UUM students.

Disampaikan oleh perwakilan mahasiswa dari UUM , dengan menampilkan video dan juga materi presentasi,
 
Serah terima cendera mata antara rombongan UUM dengan pihak Fakultas Ekonomi UNP


Sesi Tanya Jawab pada Lecturer’s Talk

17 Agustus 2018

  1. Celebrate Indonesia Independence Day at UNP (upacara penaikan bendera) Rombongan UUM menghadiri upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan FIK UNP.
  2. Rombongan UUM dibawa untuk melihat-lihat kota Padang (City Sighseeing), diantaranya Chinatown, Pantai Padang dan Pantai Muaro Lasak.
  3. Celebrate Indonesia Independence Day at UNP (upacara penurunan bendera) Rombongan menghadiri upacara bendera di Kantor Gubernur Sumatera Barat.   


Setelah Upacara 17 Agustus di Lapangan UNP, berfoto bersama dengan Bapak Rektor


Menyempatkan berfoto pada landmark Pantai Padang


Rombongan UUM berfoto di depan rumah Gubernur,
 setelah upacara penurunan bendera di Kantor Gubernur Sumatera Bara

18 Agustus 2018

  1. Mengunjungi Usaha Kecil Menengah di Sumatera Barat, tepatnya di Nagari Panampuang (kec.Ampek Angkek – Kab. Agam), yaitu Koperasi Pengrajin Sulam Bordir Panampuang (PSBP).
    Setelah diterima secara resmi dikantor Wali Nagari oleh Wali Nagari dan Ketua Badan Musyawarah Nagari, maka rombongan kemudian mengunjungi tempat usaha Ibu Tati (Ketua Koperasi PSBP) yang berlokasi di jalan raya Bukittinggi – Payakumbuh (nagari Pananmpuang)
  2. Mengunjungi Usaha Kecil Menengah di Bukittinggi, tepatnya jalan Birugo, yaitu usaha kerupuk Ummi Aufa Hakim.(dan juga beberapa produk lainnya).
    Setelah mendengarkan penjelasan dari manajemen, maka rombongan dibawa untuk melihat proses produksi dan kegiatan penjualan.
  3. Rombongan mengunjungi Pasar Atas Bukittinggi (lokasi Jam Gadang) dan Air Terjun (waterfall) Lembah Anai,

19 Agustus 2018

  1. Rombongan UUM melakukan kegiatan Social Responsibility, pada Panti Asuhan Ridho Rahmat1.    Rombongan UUM melakukan kegiatan Social Responsibility, pada Panti Asuhan Ridho Rahmat
    Jl. Sutan Syahrir RT.02 RW.XI, Kampung Tuo, Mata Air, Padang Selatan Kota Padang – Sumatera Barat 25121 ; Telp/WA : 082173143536 dengan Perwakilan Pengurus : Ibu Emi Fitrayani. Jumlah anak yang ada di panti: 35 orang
    Rombongan dengan dibantu mahasiswa UNP melakukan berbagai macam kegiatan dalam rangka menghibur, berbagi, dan juga kegiatan bersih-bersih
  2. Malam Kebudayaan (cultural night) , dengan adanya persembahan tari pasambahan dan tari piring, dari unit seni TERALIS (FE UNP) dan juga persembahan “Dikir Barat” yang dilakukan oleh seluruh pelajar/mahasiswa UUM yang ikut dalam rombongan.
    Acara juga diisi dengan nyanyian dari kedua belah pihak dengan iringan kibord.

20 Agustus 2018

 Rombongan bertolak kembali menuju Malaysia dari Bandara Internasional Minangkabau.


Setelah Acara Pembukaan di Kantor Wali Nagari Panampuang


Melihat dari dekat proses produksi sulaman di koperasi PSBP


 Di depan Usaha Kerupuk Ummi Aufa Hakim – Jl. Birugo Bukittinggi


Bersama anak yatim piatu dan anak terlantar Panti Asuhan Ridho Rahmat


Aktivitas kegiatan Social Responsibility mahasiswa UUM (dengan didampingi mahasiswa UNP)


Penampilan mahasiswa UUM dengan persembahan “Dikir Barat” pada Cultural Night


Foto Bersama Setelah Cultural Night

Pihak jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi mengucapkan banyak terima kasih atas segenap dukungan dan support dari Bapak Rektor dan pihak Universitas Negeri Padang, unsur pimpinan  Fakultas Ekonomi, pihak pengelola Hospitality Center UNP, para panitia, mahasiswa, Koperasi PSBP , Usaha Ummi Aufa Hakim, dan seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.