Trading Competition, Bukan Kompetisi Saham Biasa

Padang – FE UNP. Trading Competition merupakan salah satu acara dari Gebyar GIBEI yang mana menggunakan akun rekening saham asli sebagai alat kompetisi tersebut. Sehingga pantas disebut Trading Competitition yang digagas oleh GIBEI FE UNP bukan merupakan kompetisi saham secara real time.

Trading Competition dengan real account yang di gagas oleh GIBEI FE UNP merupakan yang PERTAMA diadakan di Indonesia. Karena umumnya trading competition yang diadakan menggunakan akun simulasi/demo. Jadi diharapkan peserta tak sembarangan dalam memilih saham yang dibeli, melainkan ada alasan serta pertimbangan disetiap keputusan pembelian. Dengan mengusung tema “Smart Investor for Better Indonesian Economic” berharap agar investor yang mengikuti kompetisi ini cerdas dan jeli dalam menangkap peluang di pasar modal Indonesia. Seperti yang kita ketahui, kenaikan instrumen saham di pasar modal lebih tinggi dari pada instrumen lainnya, yakni sekitar 19% tiap tahunnya.

Trading Competition diketuai oleh Marshely Syafta Friska, mahasiswa Manajemen 2015. Trading Competition diawali dengan pendaftaran pada 15 September-7 Oktober 2016, kemudian dilanjutkan dengan technical meeting pada 8 Oktober 2016. Trading Competition yang dilakukan dalam bentuk perorangan dengan menggunakan Real Account dan dapat diikuti dengan modal yang dimiliki minimal Rp 100.000,00. Kompetisi diadakan selama 1 bulan yang dimulai pada 10 Oktober –  16 November 2016, trading berdasarkan aktivitas realtime Bursa Efek Indonesia. Event ini merupakan kompetisi jual dan beli saham. Tujuannya mengajak seluruh mahasiswa/i dan masyarakat umum  memahami dan mengerti bagaimana aktivitas dan peristiwa yang terjadi di dunia pasar modal Indonesia untuk memperkaya wawasan dan pengalaman peserta, baik secara praktik maupun teori tentang tata cara dan strategi berinvestasi di pasar modal sehingga bisa bijak dalam kegiatan investasi. Kompetisi ini terbuka untuk seluruh mahasiswa/i yang berada di kawasan Sumatera Barat serta masyarakat umum. Lomba ini diikuti oleh 71 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Padang, berbagai universitas di Sumatera Barat, dan masyarakat umum. Peserta yang masuk finalis berjumlah 10 orang peserta.

Pada kompetisi ini kandidat juara ditentukan berdasarkan Capital Gain tertinggi serta penulisan paper alasan memilih saham tersebut. Dan Best Investor dinilai dari banyaknya hsitoris trading saham.

Pengumuman juara Trading Competition berlangsung pada acara Seminar Pasar Modal, Sabtu (26/11). Peringkat 1 berhasil diraih oleh Ami Zahara, mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang; Peringkat 2 diraih oleh Alfiah Safitri, jurusan Akuntansi UNP; Peringkat 3 oleh Rifka Alfiati, mahasiswa jurusan Akuntansi UNP dan Best Investor disandang oleh Gitra Moraza, mahasiswa jurusan Hukum, Universitas Andalas. (MR)