Akademik dan Kemahasiswaan

Fakultas Ekonomi (FE) menyelengarakan pendidikan dengan program studi dan jenjang program sebagai berikut:

Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)

Tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah Menghasilkan sarjana pendidikan bidang ekonomi yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi dan profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Pendidikan Ekonomi adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

 

Program Studi Manajemen (S1)

Tujuan Program Studi Manajemen adalah Menghasilkan sarjana ekonomi bidang manajemen yang memiliki kemampuan analitik dan manajerial, kritis dalam menyikapi setiap persoalan ekonomi yang terjadi, serta mampu memecahkan masalah dan mencarikan solusi permasalahan ekonomi.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Manajemen adalah Sarjana Ekonomi (S.E.)

 

Program Studi Akuntansi (S1)

Tujuan Program Studi Akuntansi adalah Menghasilkan sarjana ekonomi bidang akuntansi yang berkemampuan analitik dan kritis dalam menyikapi setiap persoalan penatausahaan keuangan, serta mampu memecahkan masalah.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Akuntansi adalah Sarjana Ekonomi (S.E.)

 

Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Tujuan Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki kemampuan akademik dan professional dalam bidang perencanaan ekonomi.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Ekonomi Pembangunan adalah Sarjana Ekonomi (S.E.)

 

Program Studi Magister Manajemen (S2)

Terdiri dari konsentrasi:

  • Manajemen Sektor Publik
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Sekolah
  • Manajemen Keuangan Daerah

Tujuan Program studi Magister Manajemen adalah Menghasilkan Magister Manajemen (MM) yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk :

  • Menganalisis dan memcahkan masalah dalam bidang manajemen baik sektor publik (nir laba) maupun sektor bisnis.
  • Menganalisis peluang pengembangan investasi di sektor publik maupun bisnis.
  • Merancang strategi pengembangan kegiatan di sektor publik maupun bisnis korporasi.
  • Merumuskan konsep-konsep dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mempersiapkan lulusan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan doktoral dan atau Ph.D (S3).

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Magister Manajemen adalah Magister Manajemen (M.M.). Bagi mahasiswa yang mengikuti Twinning Program, akan memperoleh dua gelar akademik sekaligus : Gelar M.M., dan M.BA., bagi konsentrasi Manajemen Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Gelar M.M., dan M.PM., bagi konsentrasi Manajemen Publik. Gelar M.M., dan M.Sc., bagi konsentrasi Manajemen Sekolah.

 

Program Studi Magister Ilmu Ekonomi (S2)

Terdiri dari konsentrasi:

  • Ekonomi Pembangunan dan perencanaan
  • Ekonomi Sumber Daya Alam
  • Ekonomi Sektor Publik

Tujuan Program Studi Magister Ilmu Ekonomi (ME) yang memiliki kemampuan di berbagai bidang yang relevan dengan tujuan:

  • Memperkuat knowledgebase ilmu ekonomi melaui proses pemberdayaan potensi pengetahuan ekonomi melalui keterampilan “learning how to learn”.
  • Mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu ekonomi pada berbagai kegiatan bidang ekonomi sehingga mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah ekonomi.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Magister Ilmu Ekonomi adalah Magister Ekonomi (M.E.)

 

Program Studi Pendidikan Ekonomi (S2)

Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi (S2) adalah Merencanakan, merumuskan, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah dalam proses pembelajaran bidang studi pendidikan ekonomi.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Pendidikan Ekonomi adalah Magister Pendidikan (M.Pd.)

 

Program Studi Akuntansi (D3)

Tujuan Program Studi Manajemen Pedagangan (D3) adalah menghasilkan tenaga Ahli Madya profesional dalam bidang manajemen, yang memiliki integritas kepribadian dan jiwa kewirausahaan yang tinggi serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan kemajuan ilmu, teknologi dan kebutuhan stakeholder.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Manajemen Perdagangan (D3) adalah Ahli Madya (A. Md).

 

Program Studi Manajemen Perdagangan (D3)

Tujuan Program Studi Manajemen Pedagangan (D3) adalah menghasilkan tenaga Ahli Madya profesional dalam bidang manajemen, yang memiliki integritas kepribadian dan jiwa kewirausahaan yang tinggi serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan kemajuan ilmu, teknologi dan kebutuhan stakeholder.

Gelar akademik lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk program studi Manajemen Perdagangan (D3) adalah Ahli Madya (A. Md).

 

Selain itu Fakultas Ekonomi yang merupakan  lembaga tempat mendidik calon intelektual dan professional yang handal, sebagai calon pemimpin dan agen perusahaan di masa depan untuk kejayaan bangsa. Telah menyiapkan berbagai bentuk aktivitas untuk menunjang pengembangan karakter cerdas baik intelektual, spiritual, emosional dan sosial, serta sikap nasionalisme yang tinggi dan didasari nilai, etika, dan moral yang terpuji, agar dapat berkembang dengan optimal pada diri setiap mahasiswa FE.